PROFIL PROGRAM STUDI PGMI

Jumat, 24 Mei 20130 komentar

PROFIL PROGRAM STUDI PGMI

PROFIL
PROGRAM STUDI PGMI
STIT Al Fattah Lamongan

VISI
Menjadi program studi PGMI berkualitas yang dalam jangka waktu 5 tahun ke depan mampu menyelenggarakan dan menghasilkan sarjana yang kokoh dalam beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berwawasan luas, profesional, unggul dan kompetitif di bidang Ipteks, berdasarkan Islam Ahlussunnah Waljama’ah,

MISI
  1. Menyelenggarakan Prodi PGMI Islam yang dinamis, efektif, efisien, menarik, dan manusiawi yang berbasis teknologi dan manajemen modern sesuai standar pendidikan nasional.
  2. Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, Ilmu kependidikan dan Ipteks (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) dalam proses pembelajaran yang mendidik secara aktif, efektif, inovatif, adaftif, kreatif, menyenangkan, dan berkesinambungan dengan didukung oleh teknologi, sarana, dan prasarana yang memadai, dilandasi akhlaqul karimah.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian secara periodik guna mendukung peningkatan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial bagi dosen dan mahasiswa.
  4. Melaksanakan pengabdian dalam bentuk pengembangan madrasah binaan dan masyarakat secara berkesinambungan.
  5. Menjalin dan mengembangkan kerja sama dengan pihak luar yang saling menguntungkan bagi pengembangan prodi PGMI.
  6. Menggali, menerapkan, dan menyebarluaskan ajaran Islam Ahlussunnah waljamaah melalui proses penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

TUJUAN
Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Strata Satu (S-1) yang:
  1. beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sesuai ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah;
  2. mampu menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) secara tepat guna;
  3. mampu beradaptasi dan berkompetisi secara sehat dan dinamis; serta
  4. peduli terhadap pengembangan masyarakat.

SASARAN PROGRAM
1.  Peningkatan sumber daya manusia meliputi :
a. Peningkatan profesional dosen dan karyawan dalam melaksanakan tugas melalui program studi lanjut.
b. Peningkatan mutu dosen dan mahasiswa juga diarahkan pada kegiatan penelitian, penyusunan karya ilmiah, dan pengabdian pada masyarakat.
c. Peningkatan mutu mahasiswa dan alumni dilakukan guna menunjang pemenuhan  kebutuhan pengembangan madrasah ibtidaiyah.
2. Optimalisasi profesional dan efektivitas kerja karyawan dalam pelayanan administrasi umum dan akademik dengan didukung oleh sarana-prasarana dan teknologi maju.
3.  Peningkatan kualitas sistem rekrutmen mahasiswa baru, motivasi belajar, dan akhlakul karimah di kalangan sivitas akademika.
4. Peningkatan media/sumber belajar diprioritaskan pada pengadaan bahan ajar, perpustakaan yang memadai, serta sumber belajar multimedia.
5.  Perluasan jaringan kerja sama dengan stakeholders guna mendukung peningkatan mutu program studi PGMI.
 
STANDAR KELULUSAN

Menjadi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kompetensi kepribadian, paedagogik, profesional, dan sosial sebagai berikut:
 A.   Kompetensi Kepribadian
    1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sesuai Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah.
    2. Berakhlak mulia sesuai dengan norma Islam, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
    3. Menampilkan kepribadian yang dewasa, stabil, arif, berwibawa, disiplin, jujur, tanggung jawab, percaya diri, dan bangga sebagai guru, serta memiliki etos kerja yang tinggi.
    4. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru dalam melaksanakan tugas.
B.   Kompetensi Paedagogik
    1. Mampu menguasai, mengajarkan, dan mengamalkan ilmu dan ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah secara komprehensip, dengan menguasai karakteristik peserta didik (aspek pisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual), teori belajar dan pembelajaran, serta melakukan pengembangan kurikulum mata pelajaran yang diampu.
    2. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan berkomunikasi secara efektif, empatik, santun, dan memanfaatkan teknologi informasi-komunikasi guna mendukung pengembangan potensi peserta didik.
    3. Menguasai dan menerapkan metode penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar untuk kepentingan pembelajaran serta melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
C.   Kompetensi Profesional
    1. Menguasai materi dan mampu mengembangkan keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu meliputi struktur, fakta, konsep, prinsip, dan prosedur.
    2. Mampu menguasai dan membelajarkan secara kreatif,  inovatif, adaptif, dan edukatif standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) mata pelajaran yang diampu.
    3. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran yang edukatif.
    4. Mengembangkan profesi guru secara berkelanjutan sesuai perkembangan IPTEKS.
D.   Kompetensi Sosial
    1. Bersikap dan bertindak obyektif, moderat, egaliter, toleran, terhadap berbagai perbedaan dan menghargai pendapat orang lain.
    2. Mampu berkomunikasi secara aktif, efektif, empatik, dan santun dengan sesama profesi pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
    3. Mampu beradaptasi di tempat bertugas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia yang beragam sosial budaya.
Share this article :

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blog KANG ZEN "Blog Informasi, Inovasi & Edukasi
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kang Zen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger